Memahami Pelaksanaan DAK Fisik Bidang Pendidikan, ini Penjelasan Kadisdikbud Rohil

oleh
oleh
SMP N 7 Tanah putih R.uks

 

Bagansiapiapi – Peruntukan dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir setiap tahunnya terus meningkat.

Itu artinya DAK yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir khususnya bidang pendidikan SD dan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir tidak dipandang sebelah mata oleh Kementerian Pendidikan Pusat. Baik dalam pengelolaan hingga pelaporan yang terus dipenuhi oleh Disdikbud Rohil.

Contoh saja pada tahun 2023 ini, DAK bidang Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir mendapatkan kucuran dana DAK Fisik dari Kemendikbud kurang lebih 80 Miliyar yang mana pada tahun sebelumnya hanya sebanyak 40 M.

Insyaallah, bila pelaksanaan dan pelaporan kita penuhi sesuai aturan yang berlaku maka pada tahun depan (2024) Dana DAK Fisik bidang Pendidikan Disdikbud Rohil naik menjadi 160 Miliyar. ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Rohil Asril Arief S.Sos. Senin (14/8/2023)

Asril Arief, S.sos selaku Kadisdik saat di wawancarai awak media menjelaskan bahwa pengelolaan yang dilakukan Disdik selama ini sudah tergolong barhasil, makanya alokasi kita tiap tahun bertambah terus.

Selanjutnya kepada awak media Kadisdik Asril Arief menjelaskan, sesuai Juknisnya, pelaksanaan kegiatan pada tahun ini dilakukan sesuai Perpres 15 tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis DAK tahun 2023.

Swakelola berpedoman pada peraturan LKPP nomor 3 tahun 2021. Dalam aturannya jelas swakelola memilik 4 type, yakni Type 1,2,3, dan 4.

Dijelaskan Kadisdik, Untuk type 1 Perencanaan, Pelaksanaan, dan pengawasan dilaksanakan oleh K/L/OPD. Type 2 perencanaan dan pengawasan dilaksanakan oleh K/L/OPD sementara pelaksanaanya dilakukan oleh perguruan tinggi.

Sementara untuk Kabupaten Rokan Hilir, kita belum memiliki PTN Teknis Type 3 dan 4 Perencanaan dan Pengawasan dilakukan oleh K/L/OPD sementara pelaksanaannya dilakukan oleh Ormas dan Pokmas, nah kita memang belum pernah memakai type ini karena selama ini type yang kita pakai adalah type 1 yang tergolong dan di nilai oleh Pemerintah Pusat sangat memuaskan dan berhasil, terang Kadisdikbud Rohil Asril Arief S.Sos.

Oleh sebab keberhasilan ini, pihaknya selaku Kadisdikbub Rohil menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong S.Ip dan  rekan-rekan yang terlibat dalam pengelolaan DAK fisik selama ini berjuang dilapangan demi terlaksana dengan baik.

Kami (Disdikbud Rohil) juga mengakui selama pengelolaan masih terdapat banyak kekurangan oleh karenanya kami juga mengharapkan rekan-rekan media, LSM, juga mitra kami dari instansi lainnya untuk sama sama mengawal setiap pekerjaan kami, jika ada temuan dilapangan segera laporkan, kami akan segera memperbaiki untuk meminimalisir kekurangan kami, pungkasnya. (Dn)