Komjak Apresiasi Penyelenggaraan Rakernis 2023, Barita: Semoga Semakin Gemilang dan Terbilang

oleh
oleh
Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia Dr. Barita Simanjuntak SH.,MH. (f: istimewa)

 

Jakarta – Ketua Komisi Kejaksaan RI, Dr Barita Simanjuntak mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2023, yang ditutup secara resmi oleh Wakil Jaksa Agung, Sunarta, Kamis (21/09/23).

Dr. Barita Simanjuntak berharap, rekomendasi-rekomendasi yang dikeluarkan dalam Rakernis Kejaksaan RI 2023 bisa membawa Kejaksaan RI semakin gemilang dan terbilang.

Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia ini  menyakini, rekomendasi hasil Rakernis 2023, mampu diemban oleh jajaran Kejaksaan di seluruh Indonesia.

“Tentulah rekomendasi tersebut harus bisa diimplementasikan dengan sungguh-sungguh dalam tugas dan fungsinya,” kata Dr Barita Simanjuntak, kepada rekan- rekan media, Kamis (21/09/23).

Tidak lupa Dr. Barita Simanjuntak juga menanggapi amanat Jaksa Agung saat membuka Rakernis tersebut yang kembali mengingatkan jajaran Jaksa harus cermat dan hati-hati dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam di tahun politik, Pemilu 2024.

Dr. Barita Simanjuntak mengatakan, tentulah pesan Jaksa Agung betul-betul harus diperhatikan dengan cermat mengingat pesan ini tidak hanya disampaikan sekali, tapi disampaikan berulang kali dalam kesempatan yang berbeda.

“Karena kita ini bukan alat politik tapi alat hukum,” pesan Dr. Barita Simanjuntak.

Dalam berbagai kesempatan kata Dr Barita Simanjuntak, Jaksa Agung meminta jajaran Jaksa harus cermat dan hati-hati dalam menangani suatu perkara terkait politisi.

Bila dalam menangani suatu perkara yang muncul kesan politisasi, maka kecurigaan masyarakat sulit terbendung, dan itu bisa membentuk ceruk ketidakpercayaan masyarakat terhadap kejaksaan.

“Jangan sampai muncul kesan dalam menangani perkara dipolitisasi. Makanya bila ada perkara yang terkait politisi untuk sementara penanganannya ditunda atau di pending dulu, bukan dihentikan,” jelas Dr. Barita Simanjuntak.

Saat ini kata Dr. Barita Simanjuntak kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan yang saat ini mencapai 81,2%, Persentase tersebut merupakan capaian tertinggi Kejaksaan sepanjang sejarah sebagaimana ditegaskan Presiden Joko Widodo dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 lalu.

“Atas capaian tersebut, tentu tidak dapatkan dengan begitu saja. Penuh perjuangan dan kerja keras. Tentu saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan Adhyaksa di manapun berada atas pengabdian, pengorbanan, dan kerja keras dalam melaksanakan tugas serta kewenangannya secara konsisten dan penuh dengan rasa tanggung jawab, sehingga dapat menghasilkan prestasi dan memberikan citra yang positif bagi institusi Kejaksaan Republik Indonesia,” tutup Dr Berita Simanjuntak.  *Dhn