AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK,MH Bersama Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar SH MH, Adakan Giat Curhat Jumat Di Desa Rambah Hilir

oleh

SaguRiau.com (Rohul) Rambah Hilir – Untuk mendengar langsung keluh-kesah Masyarakat, Tim Jum’at Curhat Polres Rokan Hulu (Rohul) yang dipimpin AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Desa Rambah Hilir, Kecamatan Rambah hilir, Jumat (20/1/2023).

Kapolres AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH bersama Kasat Binmas AKP Hermawan, Paur Humas Aipda Mardiono Pasda SH serta Personil Polres Rohul lainnya, mengejar Jumat Curhat tepat di Warung Lilis, Dusun Kulim Jaya, Desa Rambah Hilir,. Kecamatan Rambah hilir.

Di warung ini, tengah berkumpul untuk menyambut Tim Jum’at Curhat Polres Rohul, yakni Camat Rambah Hilir Agus Salim, S Sos, Kapolsek Rambahhilir Ipda Deby Azhar SH MH, Ketua MUI Rambah hilir Buya Mahadi, Tokoh Agama Ustadz Yulisman, Tokoh Masyarakat, Ridho Saputra, Anggota BPD Desa Rambah Hilir Tengah Zul Akmal, Tokoh Adat Muhammad Yusuf.

Kemudian, Sekretaris Himpaudi Kabupaten Rohul Kasmawati, S Pd, Ketua BKMT Rambahhilir Asrianti, Ketua Himpaudi Rambah hilir, Nurmadia serta Tokoh Masyarakat serta Tokoh Wanita Rambah hilir lainnya.

Dalam Jumat Curhat itu, Kades Terpilih Rambah Hilir, Ridho Sahputra, meminta kepada Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, supaya persoalan Narkoba ini menjadi perhatian utama, sebab hal itu sangat membuat resah Masyarakat.

“Harapan Kami, agar Bapak Kapolres, bisa memberikan solusi bagi Masyarakat, agar para Bandar bisa ditangkap, apalagi para Pecandu, karena untuk mendapatkan Narkoba mereka tak ada uang, dampaknya banyak pencurian terjadi di Masyarakat,” ujarnya.

Persoalan Narkoba tersebut, langsung dijawab Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, untuk penanganan Narkoba Dua cara yakni Hulu dan Hilir

“Penanganan di Hulu itu, ada di Tengah-tengah Masyarakat itu sendiri, kerjasama antar Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, para Pemangku maupun lembaga Masyarakat di tingkat desa maupun Kecamatan harus berperan aktif,” tegasnya.

“Sedangkan, Hilirnya, Penegak Hukum, baik itu Polri, Kejaksaan maupun Pengadilan, Saya sebagai Kapolres Rohul sudah berkomitmen, tidak pernah ada tawar-menawar terhadap penyalahgunaan Narkoba tersebut,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua Ikatan Dakwah Indonesia (IKADI) Rambahhilir Anto mengapresiasi kegiatan Jum’at Curhat dinilai sangat positif, karena terjalin silaturahmi langsung antara Masyarakat dengan Polisi

Kami, melihat kegiatan cukup positif, harapan Kami, agar hal ini rutin dilaksanakan di tengah-tengah Masyarakat baik di Kecamatan Rambahhilir dan Kabupaten Rohul,” paparnya

Dijawab, Kapolres untuk program Jumat Curhat merupakan perintah Mabes Polri, dirinya sudah melakukannya di berbagai kecamatan di Wilayah di Kabupaten Rohul.

“Namun, untuk tingkat Rambahhilir, jika permasalahan-permasalahan itu bisa disampaikan melalui Kapolsek maupun kepada Bhabinkantibmas,” urainya.

Di tempat yang sama, Tokoh Budaya dan Adat M Nasir, meminta digelar Patroli Polisi, sebab adanya Balap Liar, Knalpot Brong dan lainnya membuat Masyarakat jadi resah.

“Selama ini, memang sudah ada patroli dari Polsek Rambahhilir. Namun harapan Kami Bapak Kapolres, hendaknya bisa ditingkatkan,” ungkapnya.

Atas hal tersebut, Kapolres menjelaskan, menyoroti persoalan Masyarakat, memang Harkamtibmas itu kebutuhan seluruh lapisan Masyarakat.

“Tapi proaktif Masyarakat untuk melakukan pencegahan, solusi yang paling efektif atau paling bagus untuk mengatasinya, namun jika memang, silahkan masalah-masalah yang tak bisa terpecah sendiri di Masyarakat, bisa menghubungi Polisi terdekat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Orang Nomor Satu di Mapolres Rohul terserbut, juga menyampaikan, jika ada hal-hal atau kejadian di tengah-tengah Masyarakat, silahkan menghubungi ke Kontak Pengaduan dengan Nomor 081273990973.

“Jangan ragu, Insha Allah,. semua persoalan-persoalan di Masyarakat itu pasti ada jalan keluarnya, Kami akan kita respon dengan sebaik mungkin,” tegasnya

Sementara itu, kepada Awak Media, Kapolsek Rambahhilir Ipda Deby Azhar SH MH menyampaikan Jumat Curhat merupakan program Polri.

“Guna terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Rambah Hilir,” sebutnya.

“Kami dari Polsek Rambah Hilir membuka Nomor Pengaduan Masyarakat dengan Nomor HP 081374208010 yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi ataupun adanya persoalan yang butuh ditindaklanjuti pihak Kepolisian,” katanya

Deby, mengharapkan kepada Masyarakat, agar mendukung program Pemerintahan terkait menjaga Kamtibmas yang ada di desa dengan aktif dalam melaksanakan Poskamling.

“Kegiatan Jum’at Curhat ini dilaksanakan untuk meningkatkan giat silaturahmi antara Polres Rohul dan Polsek Rambah Hilir dengan Masyarakat,” ujarnya

“Selain itu dapat menampung secara langsung informasi dari Masyarakat terkait Kamtibmas yang ada di Wilayah Kabupaten Rohul, khususnya Kecamatan Rambah Hilir,” paparnya

Selama kegiatan, terlihat para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan dan lainnya, sangat dengan dekat sekali Kapolres Rohul, seperti tidak ada jarak.

Sambil bersenda gurau, seraya melemparkan pertanyaan dan diskusi yang sangat terbuka, giat pun di akhiri Poto bersama dan bersalam-salaman.

Bahkan, tak itu karena senangnya Masyarakat Rambahhilir atas kehadiran Pucuk Pimpinan Polri di Mapolres Rohul ini di wilayah mereka, salah seorang Seorang Tokoh Adat memasangkan langsung Tanjak kepada Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH.

Hadir dalam kesempatan itu, di Ka sium Polsek Rambah Hilir Bripka Herizal, Kanit Sabhara Aiptu BI Rangkuti, Kanit Intelkam Bripka Rusadi Candra, Kanit Samapta Aipda Abdulah Azis Daulay, Kanit Reskrim Aipda Amri Yunal Kanit binmas Bripka Heri Siregar
Kanit intelkam Bripka Amron dan Personil Polsek Rambah Hilir.**(SG-diki)

(Humas Polres Rohul)